PERENCANAAN NUT ELEVATOR UNTUK PABRIK KELAPA SAWIT DENGAN KAPASITAS 35 TON TBS/JAM PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT PABRIK KELAPA SAWIT PASIR MANDOGE

  • Davit Christofel Sitohang Universitas Darma Agung
  • Saut P. Pardede Universitas Darma Agung

Abstract

Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi yang dicapai manusia ini khususnya dalam bidang teknologi, maka perlu membutuhkan suatu peningkatan dibidang sarana dan prasarana penunjang dalam meningkatkan produksi dengan peralatan tepat guna dan efisien. Salah satu contoh penggunaan pesawat angkat ini dapat dilihat pada pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Penggunaan alat pemindah / pengangkat bahan pada pabrik kelapa sawit merupakan bagian yang sangat berperan penting pada keberlangsungan pengolahan TBS hingga minyak. Dimana penggunaan disesuaikan dengan kapasitas dan kecepatan daya hantarnya. Pada pabrik pengolahan kelapa sawit ini tentunya memerlukan pesawat angkat. Salah satu pesawat angkat yang digunakan adalah “Nut Elevator”. Nut Elevator mempunyai peranan yang penting dalam memenuhi kebutuhan industri-industri, baik dalam industri kecil maupun industri besar. Salah kegunaan Nut Elevator yang mempunyai peranan penting di PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV PASIR MANDOGE adalah sebagai alat produksi media pengangkut untuk biji Tandan Buah Segar (TBS) dengan kapasitas 35 Ton TBS/jam.Perancangan ini meliputi penentuan kapasitas angkut selama satu putaran 600 kg/putaran, dengan daya 5,50 Kw, jenis dan ukuran-ukuran utama Nut Elevator. Dari perancangan NutElevator ini didapat jenis timba yang digunakan adalah deep bucket, panjang nut 12 m, jarak timba 100 cm, sedangkan sebagai penggeraknya digunakan motor penggerak listrik dengan putaran 1420 rpm.

Published
Jun 30, 2022
How to Cite
SITOHANG, Davit Christofel; PARDEDE, Saut P.. PERENCANAAN NUT ELEVATOR UNTUK PABRIK KELAPA SAWIT DENGAN KAPASITAS 35 TON TBS/JAM PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT PABRIK KELAPA SAWIT PASIR MANDOGE. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 117-127, june 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/1773>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)