PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NASRANI 5 MEDAN

  • Ruth Meivera Siburian Institut Sains dan Teknologi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar matematika yang memenuhi persyaratan validitas, kepraktisan dan efektif, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan melalui bahan ajar matematika yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan desain model 4-D. Desain ini terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar. Kemudian draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba. Uji coba bahan ajar dilakukan pada siswa kelas VII SMP Dwiwarna Medan. Bahan ajar yang valid, praktis dan efektif kemudian disebarkan ke kelas lain untuk menguji keefektifan sebelum disebarkan lebih luas. Penyebaran dilakukan pada siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Dari hasil analisis pengembangan diperoleh bahwa: (1) Bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas rpp = 4,14, buku guru = 3,95, dan buku siswa = 4,03; praktis ditinjau dari tingkat kemampuan guru melaksanakan pembelajaran; efektif ditinjau dari tingkat aktivitas siswa, ketuntasan belajar dan respon positif siswa. (2) Bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai gain sebesar 0,463.

Published
Oct 21, 2019
How to Cite
SIBURIAN, Ruth Meivera. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NASRANI 5 MEDAN. JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA: JURNAL TEKNIK ELEKTRO, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 87-95, oct. 2019. ISSN 2720-9784. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologienergi/article/view/305>. Date accessed: 21 sep. 2020.
Section
Articles