ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 MEDAN

  • Josua Gumsih Gultom Universitas Negeri Medan
  • Katrina Samosir Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menyusun deskripsi mengenai kemampuan berpikir komputasi dalam menyelesaikan soal HOTS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Medan berdasarkan kemampuan numerik tinggi. 2) Menyusun deskripsi mengenai kemampuan berpikir komputasi dalam menyelesaikan soal HOTS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Medan berdasarkan kemampuan numerik sedang, dan 3) Menyusun deskripsi mengenai kemampuan berpikir komputasi dalam menyelesaikan soal HOTS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Medan berdasarkan kemampuan numerik rendah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa/siswi dari kelas VIII-4 di SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan numerik tinggi dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir komputasi yakni: dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan abstraksi. Siswa dengan kemampuan numerik sedang dapat memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, algoritma dan abstraksi. Sementara itu, siswa dengan kemampuan numerik rendah hanya memenuhi indikator dekomposisi dan pengenalan pola.

Published
Mar 7, 2025
How to Cite
GULTOM, Josua Gumsih; SAMOSIR, Katrina. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 MEDAN. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 21 - 36, mar. 2025. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/5539>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v14i1.5539.
Section
Articles