ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Medan dalam pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah. 2) mengetahui proses pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat mendukung kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-6 di SMP Negeri 4 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan keabsahan data dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan komputasional tinggi (S-01) menunjukkan kemampuan berpikir komputasional yang sangat baik, terutama dalam dekomposisi masalah, berpikir algoritma, pengenalan pola, dan abstraksi. Meski demikian, eksplorasi pola dan mengkoneksikan hasil dengan konteks nyata masih perlu ditingkatkan; Siswa dengan kemampuan komputasional sedang (S-21) memiliki kemampuan berpikir komputasional yang cukup baik, tetapi kurang mendetail dan eksploratif dalam aspek pengenalan pola serta abstraksi; Siswa dengan kemampuan komputasional rendah (S-04) cenderung memiliki kemampuan yang rendah pada setiap aspek berpikir komputasional. Hal ini dikarenakan partisipasi yang rendah dalam PBL sehingga membatasi perbaikan kemampuan, sehingga diperlukan pendampingan intensif dan dorongan untuk lebih aktif dalam diskusi serta evaluasi langkah-langkah penyelesaian. 2) PBL efektif mendukung proses berpikir komputasional siswa, terutama dalam dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Setiap tahap PBL, mulai dari orientasi masalah hingga evaluasi solusi, memberikan kontribusi khusus dalam melatih seluruh aspek berpikir komputasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat aktif dalam PBL menunjukkan kemampuan berpikir komputasional lebih baik dari siswa lainnya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.