ANALISA STABILITAS LERENG TANAH LONGSOR PADA JALAN DOLOK SANGGUL-PAKKAT DAN PENANGGULANGANNYA STA 129+043,8 (STUDY LABORATORIUM)

  • Simson Silaban Universitas Darma Agung, Medan
  • Parna Sitanggang Universitas Darma Agung, Medan
  • Semangat Debataraja Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Jalan raya Pakkat-Dolok Sanggul terletak di Kecamatan Dolok Sanggul Provinsi Sumatra Utara. Topografi daerah yang sedikit curam, dan memungkinkan terjadinya longsor ketika hujan deras melanda daerah tersebut. Faktor penyebab terjadiya longsor adalah rembesan dan aktivitas geologi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeteksi faktor keamanan stabilitas lereng di jalan raya Dolok Sanggul-Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan yang bertujuan mengetahui perbandingan pada faktor keamanan kestabilan lereng dengan menggunakan campuran. Pada penelitian ini dilakukan stabilisasi dengan menggunakan zeolite 5% dan kapur dengan variasi 2%, 4% , dan 8% yang dimodelkan dengan software paxis. Perolehan hasil pengujian dari tanah asli yaitu kadar air 19,606%, berat jenis 2,494, dan Indeks Plastisitas 1,81%, dari klasifikasi tanah AASHTO sampel tanah tersebut adalah tanah berlempung/berlanau dan termasuk kelompok A-7-6, dan berdasarkan USCS sampel tanah tersebut adalah Lean Clay, berat isi 1,229 gr/cm2 dengan kuat geser maksimum 0,130 kg/cm2 dan kuat tekan bebas 0,595 kg/cm2. Setelah dilakukan pencampuran maka didapat kuat geser maksimum 0,596 gr/cm2 dengan campuran zeolite 5% dan kapur 8% dengan masa pemeraman 30 hari dan kuat tekan bebas 13,732 kg/cm2 dengan campuran zeolite 5% dan kapur 8% dengan masa pemeraman 30 hari.

Published
Aug 20, 2022
How to Cite
SILABAN, Simson; SITANGGANG, Parna; DEBATARAJA, Semangat. ANALISA STABILITAS LERENG TANAH LONGSOR PADA JALAN DOLOK SANGGUL-PAKKAT DAN PENANGGULANGANNYA STA 129+043,8 (STUDY LABORATORIUM). JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 253 - 265, aug. 2022. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2724>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v11i2.2724.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)