KAJIAN KERUSAKKAN PADA KONSTRUKSI BANGUNAN BASEMENT COOLING WATER PUMP ( CWP ) PLTU PEMBANGKITAN SUMATERA UTARA BAGIAN UTARA SEKTOR PEMBANGKITAN BELAWAN

  • Hermansyah Hermansyah Universitas Darma Agung

Abstract

Korosi umumnya terjadi pada material yang terbuat dari logam. Proses korosi terjadi secara alami namun pengaruhnya dapat menyebabkan kekuatan dari material logam menjadi berkurang.  Usaha yang dilakukan untuk mencegah korosi adalah menghambat laju korosi.  PLTU Pada struktur bangunan sering dijumpai kerusakan yang berakibatkan korosi didaerah pinggir laut terutama salah satunya pada bangunan PLTU yang fungsinya sebagai Cooling Water Pump. Pada saat ini bangunan basement di PLTU mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh faktor air laut dan kelembaban udara dimana strukturnya mengalami korosi. Penelitian yang dilakukan ini dengan melakukan beberapa proses terjadinya korosi yang sudah ada pada bangunan basement PLTU. Untuk  itu dilakukan pengecekan struktur dengan menggunakan Hammer Test dan alat pemotong core sampling untuk mengetahui mutu beton pada bangunan basement tersebut kemudian dibawa ke laboratorium untuk di uji kuat tekan, pengujian karbonasi terhadap beton dan pengujian penetrasi ion klorida. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar kerusakan bangunan basement di PLTU. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya ketebalan pada selimut beton 30 mm akan memiliki kecepatan korosi 0,39 mm dengan ratio air semen 0,4 - 0,52 mm  dengan ratio air semen 0,4 mm sedangkan ketebalan selimut beton 60 mm dengan kecepatan korosi mencapai 0,196 mm dengan ratio air semen 0,4 - 0,264 mm. Pada bangunan basement CWP PLTU di pengaruhi adanya faktor karbonisasi yang mengakibatkan kerusakan pada tulangan dengan kedalaman sekitar 10 mm. Pada bangunan CWP PLTU pengaruh korosi terhadap bangunan mulai tidak aman pada tahun 25 dan 30 tahun.

Published
Jul 17, 2019
How to Cite
HERMANSYAH, Hermansyah. KAJIAN KERUSAKKAN PADA KONSTRUKSI BANGUNAN BASEMENT COOLING WATER PUMP ( CWP ) PLTU PEMBANGKITAN SUMATERA UTARA BAGIAN UTARA SEKTOR PEMBANGKITAN BELAWAN. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 13-21, july 2019. ISSN 2302-2523. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/233>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles