ANALISIS STABILITAS LERENG PADA JALAN KARO LANGKAT DESA TELAGAH KM : 2+575 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS (Study kasus)

  • Mikael Alexander Sihite Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK

Pesatnya pembangunan di daerah perkotaan dan besarnya keinginan masyarakatuntukmemilikikediamandanrumahperistirahatandidatarantinggimenyebabkan pembangunaan di daerah lereng tidak dapat dihindari lagi. Daerahseperti ini sangat rentaan terhadap keruntuhan atau longsor. Hal – hal ini yangmenyebabkan beberapa kerugian yang dapat langsung dialami oleh masyarakat,sepertijatuhnyakorbanjiwaakibatlongsor,hilangnyatempattinggaldankerugianlainnya. Mengingat variasi faktor dan proses yang dapat menyebabkan kelongsoran sertabanyak kerugianyang akan dialami jika kelongsoran terjadi, maka perhitungandankondisikondisiyangmempengaruhikestabilitasanlerengmenjaditantanganuntukdianalisis.Diperlukansuatuketelitiandanketetapanuntukmenghasilkanperhitunganyangakurat,olehkarenaitu,seiringdenganperkembanganpengetahuandanteknologisaatini,akanjauhlebihbaikjikaperhitungan stabilitas lereng dilakukan dengan menggunakan metode fellenius.Dari hasil akhir Metode felleniusini dapat diketahui besar nilai faktor keamanansuatulerengdanmengetahui kondisistabilitas lerengyangada. PadahasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaiSafetyFaktor(Fs)lerengyangditinjaudenganperhitunganmanualdenganmenggunakanperhitunganmetodeFelleniusadalah1.127.HasilpengujiantersebutlebihkecildarinilaiSafetyFaktor(Fs) yang telah ditentukan yakni 1,25. Yang berarti lereng tersebut Lereng Kritis.

Published
Aug 31, 2021
How to Cite
SIHITE, Mikael Alexander. ANALISIS STABILITAS LERENG PADA JALAN KARO LANGKAT DESA TELAGAH KM : 2+575 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS (Study kasus). JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 76 - 82, aug. 2021. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2247>. Date accessed: 09 may 2024.
Section
Articles