METODE PELAKSANAAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN TRESTLE PADA PROYEK TBBM TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

  • Wahyu Gunawan Unversitas Darma Agung

Abstract

Dalam proyek pembangunan suatu trestle, banyak hal yang dapat kita pelajari termasuk cara bagaimana agar konstruksi yang akan dibangun itu layak baik dari sisi kekuatan, keamanan dan keindahannya tetapi ekonomis serta penyelesainya cepat. Penggunaan metode yang tepat, praktis, cepat dan aman. Sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan pada suatu proyek konstruksi. Sehingga, target 3T yaitu tepat mutu/kualitas, tepat biaya dan tepat waktu sebagaimana ditetapkan dapat tercapai. Dengan Meninjau kelapangan bagaimana tahap pelaksanaan trestle, Menghitung anggaran biaya yang digunakan pekerjaan trestle, dan Perhitungan anggaran biaya menggunakan metode Analisa SNI. Yang bertujuan untuk dapat mengetahui tahapan pelaksanaan pekerjaan trestle dan dapat menghitung rencana anggaran biaya yang diperlukan pada pekerjaan trestle. Pelaksanaan pekerjaan pada proyek Pembangunan Trestle di TBBM Tembilahan  Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau sudah sesuai dengan pedoman dan peraturan pengerjaan yang berlaku, dan Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, maka diperoleh Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pengerjaan Pembangunan Trestle di TBBM Tembilahan  Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau maka diperoleh jumlah harga total 18.934.107.100,00. Dengan waktu pengerjaan yang direncanakan adalah 7 (Tujuh) Bulan atau 210 (Dua Ratus Sepuluh) Hari.

Published
Aug 31, 2021
How to Cite
GUNAWAN, Wahyu. METODE PELAKSANAAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN TRESTLE PADA PROYEK TBBM TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 1 - 8, aug. 2021. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2235>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v9i2.2235.
Section
Articles