EVALUASI PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN SEI WAMPU KECAMATAN STABAT
Abstract
Jembatan merupakan sarana transportasi yang memiliki peranan penting dalam trasnportasi darat, karena dapat menghubungkan jalan yang terpisah oleh rintangan seperti sungai, selat, jurang, jalan raya, jalan kereta api ataupun rintangan yang lainnya. Tujuan dari studi ini untuk mengevaluasi struktur atas jembatan Sei Wampu dari pelat lantai, trotoar, gelagar, batang penggantung dan batang utama busur. Metode penelitian ini menggunakan perhitungan dan analisa data berupa gambar dari Perencanaan Pembangunan Jembatan Sei Wampu 003 (Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga) serta analisa gaya-gaya batang dengan program SAP 2000. Dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan pelat lantai dengan tulangan arah X (D16-100) sebesar As (2010) ≥ Asperlu (1944), tulangan arah Y (D13-150) As (931) ≥ Asperlu (810) ; perhitungan trotoar As (931) ≥ Asperlu (570) ; perhitungan gelagar memanjang (WF 400.200.8.13) lendutan ∆ (0.139) < ∆Ijin (1.000), geser Vu (283.73) ≤ Ø Vn ( 483.84) dan momen lentur Mu (353.44) ≤ Ø Mn (388.89) ; gelagar melintang (WF 900.300.16.28) lendutan ∆ (1.474) < ∆Ijin (1.800), geser Vu (598.419) ≤ Ø Vn ( 20045) dan momen lentur Mu (465.81) ≤ Ø Mn (3888) ; perhitungan batang busur dan kabel penggantung dengan program SAP 2000 untuk cek dimensi sebesar ???? (56.743) < ????p (108.541), cek dimensi flens ???? (9.111) < ????p (108.541) dan geser Vu (1484.74) ≤ Vn (7771.68). Semua hasil perhitungan telah memenuhi syarat yang berlaku.