EVALUASI PONDASI TIANG PANCANG DAN POER PADA PEMBANGUNAN VTS BENOA BALI

  • Irwan Setia Hasibuan Universitas Darma Agung

Abstract

VTS (Vessel Traffic Services) merupakan bangunan pelayanan lalu lintas kapal di wilayah yang ditetapkan yang saling terintegrasi. Pada pembangunan VTS Benoa Bali merupakan bangunan yang dibangun di lokasi pusat kota dan padat penduduk. Bangunan tersebut merupakan bangunan kategori tinggi,dan memliki karakteristik tanah yang lunak dan berpasir sehingga pondasi yang cocok untuk pondasi bangunan tinggi ialah pondasi dalam. Analisa konstruksi gedung ini dilakukan dengan menggunakan  permodelan struktur 2D dengan bantuan SAP 2000. Kolom-kolom dari struktur gedung dimodelkan sebagai elemen frame sedangkan pelat lantai dimodelkan seebagai elemen shell. Dari hasilanalisis struktur, akan diperoleh besarnya reaksi perletakan untuk proses perhitungan struktur bawah (pile cap dan tiang pancang), selain itu dari hasil analisis struktur juga akan diperoleh besarnya tegangan yang ada pada kolom yang kemudian dikontrol melalui daya dukung tanah berdasarkan SPT dan tegangan tersebut dibuat dalam mengevaluasi pile cap apakah mampu menahan beban atau tidak. Hasil penelitian adalah  Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung tiang pancang dari data SPT  dari titik BH-1, maka diperoleh daya dukung ijin pondasi tiang pancang pada kedalaman 11 m dengan metode mayerhoff (Qijin) = 217,29 Ton.

Published
Feb 28, 2021
How to Cite
HASIBUAN, Irwan Setia. EVALUASI PONDASI TIANG PANCANG DAN POER PADA PEMBANGUNAN VTS BENOA BALI. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 104 - 109, feb. 2021. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2210>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles