ANALISA PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DENGAN BERBAGAI CARA PERAWATAN (DISIRAM, DIRENDAM, DITUTUP GONI DAN TIDAK DIRAWAT) MUTU F’c = 45 MPa ( StudyLaboratorium )

  • Yuni Monalisa Simanjuntak Universitas Darma Agung

Abstract

Beton merupakan material bahan bangunan yang banyak dipergunakan dalam pelaksanaan proyek konstruksi pada saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari keunggulan yang dimilikinya yaitu kemudahan dalam memperoleh bahan baku, kemudahan pengerjaan dan keawetannya. Beton yang banyak dipergunakan dalam proyek konstruksi adalah jenis beton normal dengan kekuatan mencapai 500Kg/cm2. Pada prinsipnya untuk mendapatkan beton dengan kualitas yang baik sangat dipengaruhi oleh kualitas dari bahan-bahan penyusunnya yaitu agregat halus, agregat kasar, semen dan air serta cara pengerjaan atau pengadukannya Cara perawatan beton harus diperhatikan untuk mendapatkan kualitas beton yang baik. Dalam penelitian ini akan diteliti bagaimana perawatan beton terhadap kuat tekan beton F’c 45MPa dengan cara pengadukan Manual dan juga perawatannya. Dari pengujian ini didapat hasil kuat tekan beton umur 28 hari dengan dengan F’c = 45 Mpa, dengan  berbagai perawatan : disiram 33,922, direndam 39,975, ditutup goni 36,677,  tidak dirawat 19,583. Untuk yang direndam didapat hasil  yang lebih tinggi dari pada, disiram, ditutup goni.

Published
Feb 28, 2021
How to Cite
SIMANJUNTAK, Yuni Monalisa. ANALISA PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DENGAN BERBAGAI CARA PERAWATAN (DISIRAM, DIRENDAM, DITUTUP GONI DAN TIDAK DIRAWAT) MUTU F’c = 45 MPa ( StudyLaboratorium ). JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 95 - 103, feb. 2021. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2209>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles