ANALISA PERKUATAN LERENG TEBING PADA TEROWONGAN PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN LAU-SIMEME KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA DENGAN METODE “SOIL NAILING GROUT”

  • Rama Anugrah Hulu Universitas Darma Agung
  • Piyen Jones Immanuel Yosua Ziliwu Universitas Darma Agung
  • Masriani Endayanti Universitas Darma Agung
  • Janner Napitupul Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan studi ini adlah mengetahui  cara menganalisis  perencanaan perkuatan tebing pada  terowongan Bendungan Lau Simeme Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara dan mengetahui bagaimana mendesain perkuatan lereng tebing pada terowongan Bendungan Lau Simeme Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Lokasi penelitian adalah di Bendungan Lau Simeme di Desa Kuala Dekah, Kecamatan Sibiru – biru, Kabupaten  Deli Serdang, Provinsi Suamtera Utara. Dalam perencanaan pembangunan Terowongan Bendungan Lau Simeme salah satu nilai parameter yang perlu diperhatikan adalah nilai parameter c (kohesi) dan ɸ (sudut geser dalam) pada batuan yang nilai parameter ini dihasilkan dari pengujian Triaxial. Berdasarkan pengujian Triaxial pada batuan Terowongan Bendungan Lau Simeme dari kedalam 17.00 meter sampai 18.00 meter nilai kohesi (c) = 0,23 kg/cm2dan sudut geser dalam batuan adalah 30.66°. Dari hasil perhitungan perkuatan tebing dengan metode soil nailing grout didapat panjang bor untuk rock bolt  4 m, dengan diameter 25 mm, yang di bor kan kedalam dinding terowongan. Daya dukung 1 rock bolt sebesar  =19.635 kg. rock bolt yang berfungsi untuk perkuatan tebing sebanyak 20 rock bolt (nailing). Berdasarkan hasil perhitungan rock bolt 1 pcrb = 20 rock bolt, dengan adanya rock bolt tingkat stabilitas lereng naik menjadi (Safety Factor ) = FK =6,04> 1,3.

Published
Feb 25, 2022
How to Cite
HULU, Rama Anugrah et al. ANALISA PERKUATAN LERENG TEBING PADA TEROWONGAN PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN LAU-SIMEME KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA DENGAN METODE “SOIL NAILING GROUT”. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 147 - 154, feb. 2022. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/1722>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v11i1.1722.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>