STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM POTRET DAAI TV DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI SUMATERA UTARA (STUDI KASUS: AKUN YOUTUBE @potret.daaitv)

  • Josia Situmorang Universitas Darma Agung
  • Besti Rohana Simbolon Universitas Darma Agung
  • Helen Sitorus Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Program Potret DAAI TV Dalam Mendukung Pariwisata di Sumatera Utara (Studi Kasus: Akun Youtube @Potret.Daaitv). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media Program Potret DAAI TV Medan dalam mendukung pariwisata yang ada di Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan analisis terhadap konten yang diproduksi Program Potret DAAI TV. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah 5 orang pihak Program Potret DAAI TV. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan yakni wawancara dan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data melalui YouTube Channel @potretdaaitv. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Program Potret DAAI TV sudah berperan dalam mendukung pariwisata yang ada di Sumatera Utara. Melalui analisa YouTube Channel @potretdaaitv terlihat mengemas cerita dengan ringan dan memberikan nilai-nilai kehidupan kepada penonton. Yang menjadi hambatan dalam melakukan produksi adalah budget dan ruang lingkup yang hanya berada di Sumatera Utara. Program Potret DAAI TV selalu berusaha membuat konten yang menarik dan inspiratif dengan menerima masukan dan komentar yang ditinjau secara langsung maupun dari komentar YouTube.

Published
Oct 25, 2024
How to Cite
SITUMORANG, Josia; SIMBOLON, Besti Rohana; SITORUS, Helen. STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM POTRET DAAI TV DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI SUMATERA UTARA (STUDI KASUS: AKUN YOUTUBE @potret.daaitv). JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 143 – 154, oct. 2024. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4958>. Date accessed: 25 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i2.4958.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>