STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA AIR TERJUN AEK MARTOLU DI RAMPA KECAMATAN SITAHUIS TAPANULI TENGAH

  • Rasli B P Manalu Universitas Darma Agung
  • Besti Rohana Simbolon Universitas Darma Agung
  • Shabrina Harumi Pinem Universitas Darma Agung
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.4369

Abstrak

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Mengembangkan Potensi Wisata Air Terjun Aek Martolu Di Rampa Kecamatan Sitahuis Tapanuli Tengah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan potensi wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Desa, Aparat Desa, Masyarakat dan pengunjung. Pada data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Pada pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak-pihak terkait perkembangan wisata Air Terjun Aek Martolu telah melakukan strategi komunikasi dengan menggunakan media sosial pribadi sebagai online marketing, melakukan komunikasi langsung dan bekerja sama dengan treveller Sumatera Utara. Dukungan masyarakat setempat melalui partisipasi aktif dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya wisata Air Terjun Aek Martolu dalam membantu perekonomian. Namun terdapat faktor penghambat seperti keterbatasan anggaran untuk perbaikan insfastruktur dan adanya konflik terhadap masyrakat terkait ijin lokasi sehingga menyulitkan kepala desa dalam pengembangan dan perbaikan lebih lanjut.

Diterbitkan
May 4, 2024
##submission.howToCite##
MANALU, Rasli B P; SIMBOLON, Besti Rohana; PINEM, Shabrina Harumi. STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA AIR TERJUN AEK MARTOLU DI RAMPA KECAMATAN SITAHUIS TAPANULI TENGAH. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 22 - 27, may 2024. ISSN 2720-9822. Tersedia pada: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4369>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.4369.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>