STRATEGI KOMUNIKASI PARTAI POLITIK PDIP SUMUT DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2024

  • Mansyur Situmorang Universitas Darma Agung
  • Irene Silviani Universitas Darma Agung
  • Emmelia A Ginting Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi politik partai dan faktor keberhasilan komunikasi politik partai di DPD PDI-P Sumatera Utara dalam membangun kepercayaan pemilih pada pemilihan umum legislatif tahun 2024. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel sumber data didasarkan pada pertimbangan tertentu. Ada tiga jenis informan dalam penelitian ini antara lain: 1) informan kunci; 2) informan utama; 3) informan pendukung. Jumlah informan yang dipilih berdasarkan penentuan jenis informan adalah 4 (empat) orang. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa DPD PDI-P Sumatera utara mengerahkan semua kader partainya di posisi mana pun untuk berupaya mendapatkan kepercayaan (trust) masyarakat terhadap PDI-P. Strategi komunikasi politik DPD PDI-P Sumatera utara dijelaskan dalam lima bentuk ,antara lain: retorika dalam konsolidasi eksternal partai; agitasi politik melalui badan-badan partai; propaganda politik melalui media massa dan media sosial; lobi politik melalui aspirasi dan kebijakan; dan tindakan politik dalam membangun citra partai. Kesimpulan penelitian ini, Strategi komunikasi politik DPD PDI-P Sumatera Utara antara lain: Konsolidasi Internal Partai, Konsolidasi Eksternal Partai, serta Penggunaan Media Massa dan Media Sosial. Faktor keberhasilan strategi komunikasi politik DPD PDI-P terletak pada tiga pilar partai, antara lain: Struktur Organisasi Partai; Kader Partai di Lembaga Legislatif; dan Kader Partai di Lembaga Eksekutif.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
SITUMORANG, Mansyur; SILVIANI, Irene; GINTING, Emmelia A. STRATEGI KOMUNIKASI PARTAI POLITIK PDIP SUMUT DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2024. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 134 - 145, oct. 2023. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/3935>. Date accessed: 16 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v7i2.3935.
Section
Articles