PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIBOLGA
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Komunikasi Guru Pada Masa Pandemi Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga. Riset ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas komunikasi guru pada masa pandemi, untuk mengetahui pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi guru pada masa pandemi terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga. Asumsi ataupun kajian teori yang dipergunakan dalam riset ini yaitu new media, teori kognitivisme, serta teori S.O.R. Riset ini adalah kuantitaf dengan menerapkan metode penelitian hubungan atau korelasional. Adapun populasi pada riset ini adalah siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga yang berjumlah 187. Kemudian sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin maka jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan accidental sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis table tunggal, analisis table silang, analisis korelasional Product moment, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus koefisien korelasi tata jenjang (Speraman’s Rank Order Correlations) melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan antara pengaruh kualitas komunikasi guru pada masa pandemi terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga dengan koefisien 0,552 dalam skala hubungan yang cukup berarti. Lalu pada hasil uji determinasi didapati bahwa kualitas komunikasi guru pada masa pandemi berpengaruh 30% terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga.