POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Endang Purba Universitas Darma Agung, Medan
  • Prietsaweny RT Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi di Kantor Kepala Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan pelayanan publik Kepala Desa Hilisataro Nandrisa, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai data lapangan yang dikumpulkan secara objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kepada sejumlah informan dan analisis dokumentasi menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan di Kantor Kepala Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan adalah Pola Lingkaran, Pola Roda. Kantor kepala desa Hilisataro Nandrisa menggunakan pola komunikasi sirkuler pada saat melakukan rapat dan pengarahan, sedangkan pola lingkaran digunakan pada saat menerima informasi dari kepala desa kepada perangkat desa. Faktor yang mendukung pelayanan publik adalah 1) hubungan personal, 2) waktu, 3) fasilitas, sedangkan faktor yang menghambat pelayanan publik adalah 1) fasilitas penunjang yang kurang optimal, 2) kondisi kerja.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
PURBA, Endang; SIMAMORA, Prietsaweny RT; SITORUS, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih. POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 24 - 37, oct. 2022. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/2328>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles