STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGUNGAN WISATAWAN DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Leni Ami Buulolo Universitas Darma Agung, Medan
  • Era Wijaya Universitas Darma Agung, Medan
  • Emmelia Arihta Ginting Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan. Pemerintah desa mengembangkan dan mengelola objek wisata Taman Gumbu di desa Hilisataro Nandrisa. Dan faktor penghambat dan faktor pendukung strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan akan terhambat pengembangan objek wisata karena lahan masih dalam kepemilikan. Namun meskipun pengunjung banyak pada akhir pekan, atau pada hari minggu, namun belum ada fasilitas yang dapat dikatakan layak dan dapat dinikmati oleh pengunjung, sedangkan faktor pendukungnya adalah memiliki alam yang sangat asri. Memiliki budaya yang unik dan masyarakat yang ramah dan bersahabat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai data lapangan yang dikumpulkan secara objektif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sejumlah informan dan dokumentasi analisis yang digunakan, model analisis interaktif. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Hilisataro Nandrisa. Salah satunya adalah pengembangan dan pembinaan untuk mengelola objek wisata Air Terjun Taman Gumbu, pemerintah desa telah melakukan komunikasi pemasaran dengan mempromosikan pariwisata melalui media sosial Facebook tetapi hubungan media masih lemah, sehingga perlu penguatan dan pembinaan lebih lanjut disertai dengan evaluasi dan pemantauan aspek-aspek tersebut. Salah satu yang perlu dibangun dalam jangka panjang adalah berusaha membentuk branding destinasi wisata untuk lebih meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
BUULOLO, Leni Ami; WIJAYA, Era; GINTING, Emmelia Arihta. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGUNGAN WISATAWAN DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 67 - 82, oct. 2022. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/2327>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles