PENGARUH RETURN ON EQUITY DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROCESSED FOODS YANG TERDAFTAR BEI

  • Epi Nurnia Zega Universitas Darma Agung
  • Manilia Laia Universitas Darma Agung
  • Hotriado Harianja Universitas Darma Agung

Abstract

Harga saham merupakan variabel dependen dalam penelitian ini, sedangkan Return on Equity dan Debt to Equity merupakan variabel independen. Dalam pengujian secara parsial maupun simultan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham pada Perusahaan Processed Food yang Terdaftar di BEI Periode 2020–2022. Teknik pemilihan purposive digunakan untuk memilih sampel untuk penelitian ini, menghasilkan sampel akhir dari 11 perusahaan . Alat analisis SPSS versi 26 digunakan untuk melakukan analisis data regresi linier berganda dan regresi sederhana untuk penyelidikan ini. Hasil pengujian mengungkapkan bahwa dalam analisis parsial, Return On Equity sebagai variabel X1 mempengaruhi Harga Saham secara signifikan. Selain itu, juga terungkap bahwa Debt to Equity Ratio sebagai variabel X2 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dalam konteks parsial. Secara keseluruhan, dalam pengujian simultan, Return On Equity dan Debt to Equity Ratio juga memainkan peran yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan Pengolahan Makanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022.

Published
Mar 27, 2024
How to Cite
ZEGA, Epi Nurnia; LAIA, Manilia; HARIANJA, Hotriado. PENGARUH RETURN ON EQUITY DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROCESSED FOODS YANG TERDAFTAR BEI. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 11 - 19, mar. 2024. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/4282>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v14i1.4282.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)