PENGARUH TOTAL HUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI LOGAM YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Jhony Calvianus Gulo Universitas Darma Agung, Medan
  • Ancela Ayusari Bondar Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total hutang dan perputaran persediaan secara parsial dan simultan terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor industri logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini, menggunakan data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia yaitu: www.bei.go.id. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data yang diambil dari perusahaan sub sektor industri logam  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data sekunder yang digunakan adalah data laporan keuangan mulai tahun 2018 – 2020 sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 16 perusahaan dengan 3 tahun laporan keuangan, sehingga terdapat 48 sampel. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari total hutang dan perputaran persediaan, sedangkan, sedangkan variabel dependennya yaitu laba bersih Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total hutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor industri logam yang terdaftar di BEI Tahun 2018 – 2020.

Published
Sep 30, 2022
How to Cite
GULO, Jhony Calvianus; BONDAR, Ancela Ayusari. PENGARUH TOTAL HUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI LOGAM YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 65 - 75, sep. 2022. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2776>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v12i2.2776.
Section
Articles