MEKANISME PENETAPAN HARGA LELANG DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN LELANG GADAI EMAS DI PEGADAIAN CABANG SIBOLGA

  • Arofona Hulu Universitas Darma Agung, Medan
  • Ezra Chrismanda Sari Tarigan Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

 


Penelitaian ini bertujuan untuk  mengetahui mekanisme penetapan harga lelang dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian lelang gadai   emas di Pegadaian Cabang Sibolga. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan pada pengungkapan makna dan proses yang berhubungan dengan perilaku dan tindakan sosial masyarakat setempat serta pemerintah kota. Hasil penelitian adalah bahwa mekanisme harga lelang di PT. Pegadaian Cabang Sibolga sudah menggunakan prinsip, dimana jika barang jaminan nasabah sudah jatuh tempo pihak pegadaian memberitahukan kepada pihak nasabah bahwa barang jaminan sudah jatuh tempo, tetapi pihak nasabah tidak melakukan perpanjangan maka pihak pegadaian melakukan lelang, untuk menetapkan harga lelang barang jaminan dalam ekonomi yang harus diperhatikan adalah yang pertama melihat harga dasar lelang emas, melakukan taksiran ulang, mengupayakan penjualan lelang yang setinggi-tingginya di mana PT. Pegadaian Cabang Sibolga sudah menggunakannya.Faktor faktor yang  mempengaruhi konsumen memutuskan membeli barang lelang gadai emas PT. Pegadaian Cabang Sibolga adalah (1). Harga, (2) Pelayanan, dan (3). Promosi.

Published
Sep 30, 2022
How to Cite
HULU, Arofona; TARIGAN, Ezra Chrismanda Sari. MEKANISME PENETAPAN HARGA LELANG DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN LELANG GADAI EMAS DI PEGADAIAN CABANG SIBOLGA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 47 - 55, sep. 2022. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2774>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v12i2.2774.
Section
Articles