FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015 – 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Return On Equity, dan Debt To Equity Ratio terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, diperoleh 12 perusahaan sampel yang menjadi objek penelitian. Data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh laporan keuangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis (uji t, uji F dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan Hasil penelitian uji regresi linear berganda terdapat nilai Y= 2,155 +2,124CR -0,891ROE -2,055DER. Secara parsial variabel Current Ratio (CR) ) dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio (PER), sedangkan Variabel Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Price earning Ratio (PER). Hasil uji F atau secara simultan menunjukkan bahwa Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE) dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Pada analisis koefisien determinasi diperoleh 0.313 dan nilai tersebut dapat di artikan variabel Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), dan Debt To Equity Ratio (DER) secara bersama-sama dapat menjelaskan variasi (variation) Price Earning Ratio (PER) sebesar 31,3%, sisanya sebesar 68,7% dijelaskan oleh variabel atau factor lainnya.