ANALISISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Gohizisokhi Giawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) sangat bermanfaat dalam meningkatan pengelolaan keuangan daerah Provinsi Sumatera Utara, Oleh karena itu dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) merupakan informasi yang penting terutama untuk membuat kebijakan dalam pengelolaan keuangan daerah dan menilai apakah pemerintah Provinsi berhasil mengelolah keuangannya dengan baik, serta memberikan dampak yang positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan sudah berjalan dengan baik pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu data yang telah dikumpulkan, kemudian disusun, diinterprestasikan, dan dianalisa sehingga memberikan keterangan yang lengkap atau gambaran yang sebenarnya mengenai Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan Badan Pengelolaan KeuanganDan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara melakukan pengintegrasian secara online seluruh satuan kerja (SKPD) pengguna. SIMDA Keuangan dalam lingkup Badan Pengelolaan KeuanganDan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara, sudah digunakan di awal tahun 2016, sehingga dirasa perlu adanya pengendalian yang kuat, dan memiliki prosedur pengamanan yang baik dalam mengelola sistem. Meningkatkan koordinasi dan menjalin hubungan baik antara BPKAD dengan BPKP dilingkungan Badan Pengelolaan KeuanganDan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara sehingga proses feedback dan respon perbaikan akan selalu terjangkau dengan baik dan cepat.

Published
Sep 30, 2021
How to Cite
GIAWA, Gohizisokhi. ANALISISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 101 - 109, sep. 2021. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2152>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v11i1.2152.
Section
Articles