PENGARUH STRUKTUR MODAL (DER), EARNING PER SHARE (EPS), DAN KEBIJAKAN DIVIDEN (DPR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR BASIC INDUSTRY CHEMICALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014 – 2018

  • Mario Joseph Valentino Sitompul Universitas Prima Indonesia
  • Mariska Sisilia Universitas Prima Indonesia
  • Melva Melany Sitompul Universitas Prima Indonesia
  • Irene Artha Uli Situngkir Universitas Prima Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh struktur Modal (DER), earning Per Share, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaaan Basic Industry Chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian adalah Deskriptif kuantitatif, sifat penelitian eksplanatory. Populasi penelitian ini sebanyak 66 perusahaan basic industry chemicals dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling berjumlah 14 perusahaan basic industry chemicals yang memenuhi kriteria. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan Struktur Modal, Earning Per Share, dan Kebijakan Dividen secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaanpada perusahaan sektorBasic Industry and Chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel 3,213 ≥ 2,74 dan signifikan 0.028 ≤ 0,05. Secara parsial Struktur Modal danEarning Per Sharetidak berpengaruh dantidaksignifikan terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Kebijakan Dividen berpengaruh positifdansignifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai AdjustedR2 menunjukkan variasi variabel Nilai Perusahaan yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel Struktur Modal, Earning Per Share dan Kebijakan Dividen sebesar 8,8% sedangkan sisanya sebesar 91,2% dijelaskan oleh variasi variabel lainnya.

Published
Apr 26, 2019
How to Cite
SITOMPUL, Mario Joseph Valentino et al. PENGARUH STRUKTUR MODAL (DER), EARNING PER SHARE (EPS), DAN KEBIJAKAN DIVIDEN (DPR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR BASIC INDUSTRY CHEMICALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014 – 2018. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 100-109, apr. 2019. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/162>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles