Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Kro

  • Torang Partogi simanjuntak

Abstract

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DAERAH (SIMDA) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN


PADA PEMERINTAH KABUPATEN KARO


 


Oleh :


 


Torang P. Simanjuntak1


torangpartogi@gmail.com 


1 Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung


 


ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIMDA) terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintahan Kabupaten Karo. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan sampel penelitian yang berjumlah 70 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIMDA) berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintahan Kabupaten Karo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (penerapan SIMDA) terhadap variabel dependen (kualitas laporan keuangan) sebesar 24,7% sedangkan sisanya sebesar 75,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.


 


 

Published
Mar 30, 2019
How to Cite
SIMANJUNTAK, Torang Partogi. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Kro. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 27 - 39, mar. 2019. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/129>. Date accessed: 20 july 2019.
Section
Articles