Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Monetarist Butar-Butar

Abstract

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP


KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG


TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


 


OLEH:


 


Monetarist Butar Butar


 (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung)


 


ABSTRAK


 


            Perusahaan perbankan merupakan salah satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan dilihat dengan semakin banyaknya anggota perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Kinerja Keuangan sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017.   Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 yang berjumlah 43 perusahaan. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 18 dalam menguji regresi linear berganda yaitu Y = 0,086 + 0,052 X1 – 0,028 X2, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan dimana hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,183 dengan nilai signifikan sebesar 0,034. Nilai thitung > ttabel atau 2,183 > 2,007, dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan dimana hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung sebesar -0,209 dengan nilai signifikan sebesar 0,835. Nilai thitung > ttabel -0,209 < 2,007. Koefisien determinasi menunjukkan nilai angka sebesar 5,3%, sisanya sebesar 94,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published
Mar 30, 2019
How to Cite
BUTAR-BUTAR, Monetarist. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 75 - 87, mar. 2019. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/127>. Date accessed: 20 july 2019.
Section
Articles