PENGARUH (EPS ) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Desman Gulo Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Harga Saham pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPS (Earning per Share), dan Pertumbuhan Penjualan (Growth Sales) sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga Saham pada saat penutupan (Closing Price).Metode pengambilan sampelnya adalah metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Sekunder yang sumbernya berasal dari Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.go.id.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 sampai 2018 yang menerbitkan laporan keuangan. Sampel yang memenuhi kriteria purposive sampling adalah 14 perusahaan.Persamaan model regresi linier berganda adalah Y=  0.964 + 0.580ROE -0.010SIZE +e.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial EPS signifikan terhadap Harga Saham dan Pertumbuhan Penjualan tidak signifikan terhadap Harga Saham R sedangkan secara simultan  SIZE dan ROE secara simultan signifikan terhadap Harga Saham.

Published
Aug 12, 2021
How to Cite
GULO, Desman. PENGARUH (EPS ) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 25-29, aug. 2021. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/1123>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v11i1.1123.
Section
Articles