REGIONALISM IN JAMES BALDWIN’S GO TELL IT ON THE MOUNTAIN (Regionalisme Dalam Go Tell It On The Mountain Karya James Baldwin)

  • Reinjaya Sitohang Universitas Darma Agung Medan
  • Sri Hardini Universitas Darma Agung Medan

Abstract

Penelitian ini menguraikan latar belakang sejarah dan juga pengalaman hidup masyarakat Afrika-Amerika pada masa sebelum  dan sesudah perang saudara, tepatnya dari tahun 1840an hingga tahun 1920an ketika terjadi migrasi besar-besaran  dari Amerika bagian Selatan ke bagian Utara. Perjalanan sejarah kehidupan mereka dapat digunakan untuk menjelaskan perubahan status kehidupan  masyarakat pedesaan menjadi masyarakat perkotaan, atau masyarakat agraris ke masyarakat industri.Melalui novelnya Go Tell It On The Mountain,  James Baldwin  menggambarkan  perubahan  status sosio-ekonomi masyarakat Afrika-Amerika menurut ide-ide masyarakat Amerika. Menurut Baldwin,  setiap warga Amerika, tanpa melihat status etnis,  memiliki hak untuk memperoleh keberhasilan dalam kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, agama, pendidikan, dan budaya.Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara pendekatan expressive, sosiologi, dan juga pendekatan sejarah.  Melalui pembahasan dari sudut pandang Regionalisme (kedaerahan), akan menambah wawasan kita sebagai pembaca mengenai tradisi dan adat-istiadat  masyarakat kulit hitam di daerah Selatan. Kerangka sejarah kehidupan sosio-ekonomi selalu  tergambar dalam novel tersebut, yang berarti bahwa  latar belakang sejarah tidak dapat dipisahkan dari  sejarah dan kondisi masyarakat di mana  kita tinggal.

Published
Aug 14, 2020
How to Cite
SITOHANG, Reinjaya; HARDINI, Sri. REGIONALISM IN JAMES BALDWIN’S GO TELL IT ON THE MOUNTAIN (Regionalisme Dalam Go Tell It On The Mountain Karya James Baldwin). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 328-344, aug. 2020. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/654>. Date accessed: 05 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.654.