E-MODUL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Kvisoft Maker sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas tinggi di sekolah dasar. E-modul ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dengan menyajikan materi secara interaktif, menarik, dan mudah diakses. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa e-modul berbasis Kvisoft Maker memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, serta uji coba terbatas pada siswa. E-modul ini terbukti membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia, sekaligus memotivasi mereka dalam proses belajar dengan dengan hasil belajar yang ditemukan menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan nilai pre-test, dengan rata-rata kenaikan sebesar 25%. Dengan demikian, e-modul berbasis Kvisoft Maker memiliki potensi untuk menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan relevan di era digital.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).