PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI CUSTOMER ENGAGEMENT
Abstract
Perkembangan teknologi digital, khususnya media sosial, telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen. Pane Orchid Garden masih mengandalkan pemasaran tradisional dan belum memanfaatkan media sosial secara optimal untuk meningkatkan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial Instagram terhadap kesadaran merek dan keterlibatan pelanggan di Pane Orchid Garden, Medan. Metode yang digunakan adalah survei dengan purposive sampling, serta analisis deskriptif dan SEM-PLS untuk menguji hubungan antara Instagram, keterlibatan pelanggan, dan kesadaran merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran merek (p-value = 0,000, t-statistik = 4,814) dan keterlibatan pelanggan (p-value = 0,000, t-statistik = 28,126). Keterlibatan pelanggan juga berperan sebagai mediator yang memperkuat pengaruh Instagram terhadap kesadaran merek (p-value = 0,000, t-statistik = 5,581). Temuan ini menegaskan bahwa Instagram efektif meningkatkan kesadaran merek melalui peningkatan keterlibatan pelanggan. Oleh karena itu, disarankan agar Pane Orchid Garden memaksimalkan penggunaan Instagram dengan memperbanyak konten menarik dan meningkatkan interaksi dengan pengikut untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan serta meningkatkan kesadaran merek.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).