PENGARUH SELEBGRAM ENDORSEMENT DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA MEDAN
Abstract
Dewasa ini masyarakat cenderung mengonsumsi informasi melalui internet dan media sosial. Grab adalah salah satu perusahaan jasa transportasi yang menyediakan layanan berbasis mobile. Salah satu bentuk promosi Grab adalah menggunakan selebgram endorsement di instagram serta memanfaatkan electronic word of mouth sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh selebgram endorsement dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian jasa transportasi online Grab di kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 20. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Adapun variabel independen adalah electronic word of mouth dan harga, dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Hasil regresi linear berganda, diperoleh Y = 3,329+0,307X1+0,771X2, menjelaskan bahwa variabel bebas selebgram endorsement dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap variabel terikat keputusan pembelian. Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel selebgram endorsement dan electronic word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).