ANALISA PELAYANAN PRIMA FRONT OFFICE DI OPI INDAH HOTEL PALEMBANG

  • Mulkan Stiawan Politeknik Pariwisata Palembang
  • Nurvia Natasya Politeknik Negeri Sriwjaya

Abstract

Penelitian ini menyoroti analisis penerapan pelayanan prima di Departemen Front Office Hotel OPI Indah, Palembang. Pariwisata merupakan kegiatan perjalanan yang bertujuan untuk rekreasi, pengembangan diri, atau memahami keunikan destinasi yang dikunjungi. Sebagai bagian integral dari industri pariwisata, hotel berperan penting dalam mendukung sektor ini melalui penyediaan fasilitas penginapan, layanan makanan, dan berbagai fasilitas lainnya. Front Office, yang berfungsi sebagai garis depan operasional hotel, memiliki peranan krusial dalam menjaga kepuasan tamu selama proses check-in dan check-out. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap (Attitude) petugas Front Office di Hotel OPI Indah belum optimal, tercermin dari kurangnya keramahan dan interaksi positif dengan tamu. Kondisi ini memengaruhi citra hotel dan tingkat kepuasan tamu. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan prima, perlu adanya peningkatan sikap ramah, perhatian (Attention), serta tindakan (Action) yang lebih baik dalam melayani tamu. Pelayanan prima di Front Office tidak hanya memberikan kesan pertama yang baik, tetapi juga berpengaruh terhadap citra hotel secara keseluruhan

Published
Dec 30, 2024
How to Cite
STIAWAN, Mulkan; NATASYA, Nurvia. ANALISA PELAYANAN PRIMA FRONT OFFICE DI OPI INDAH HOTEL PALEMBANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 312 - 318, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5054>. Date accessed: 02 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5054.