AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN LANGKAT UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN MASYARAKAT

  • Ary Satria Putra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Harmain Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwani Nurwani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Akuntabilitas mengacu pada kewajiban organisasi untuk memberikan pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran dan hasil yang dicapai, sedangkan transparansi anggaran mencakup keterbukaan informasi terkait alokasi dan penggunaan anggaran, serta partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan terkait pembangunan infrastruktur. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh akuntabilitas dan transparansi anggaran terhadap efektivitas pelayanan publik pada pembangunan infrastruktur pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Langkat. menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS, pengujian pengaruh Akuntabilitas terhadap Efektivitas menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,745 > 2,051, yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari akuntabilitas terhadap efektivitas pelayanan publik. pengujian pengaruh Transparansi Anggaran terhadap Efektivitas menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 5,249 > 2,051, yang juga menunjukkan pengaruh signifikan dari transparansi terhadap efektivitas pelayanan publik. Lalu, nilai signifikan untuk akuntabilitas dan transparansi terhadap efektivitas pelayanan publik adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F sebesar 237,283 > 2,96, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari kedua variabel akuntabilitas dan transparansi terhadap efektivitas pelayanan publik.

Published
Aug 14, 2024
How to Cite
PUTRA, Ary Satria; HARMAIN, Hendra; NURWANI, Nurwani. AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN LANGKAT UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN MASYARAKAT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 60 - 74, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4631>. Date accessed: 24 aug. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4631.
Section
Artikel