Peran Orang Tua PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK IMAN KAUM REMAJA DI ERA DIGITAL DI STASI SANTA THERESIA PERUMNAS SIMALINGKAR PAROKI SANTO FRANSISKUS ASISI PADANG BULAN

  • Yohana Sibarani STP SANTO BONAVENTURA KEUSKUPAN AGUNG MEDAN
  • Benediktus Benteng Kurniadi STP SANTO BONAVENTURA KEUSKUPAN AGUNG MEDAN

Abstract

Peran orang tua sangatlah penting dalam pendidikan iman kaum remaja, karena mereka merupakan teladan, pembimbing, dan pendukung utama dalam perkembangan keimanan remaja. Tanggung jawab menciptakan suasana keluarga yang baik bagi pertumbuhan iman remaja terletak pada orang tua. Keluarga menjadi sumber pendidikan utama dan terpenting bagi remaja, serta pendidikan iman merupakan tugas penting yang harus dipenuhi oleh orang tua. Konsili Vatikan Kedua menekankan pentingnya orang tua dalam keluarga, khususnya dalam pendidikan iman remaja. Pendidikan iman bertujuan untuk membentuk remaja menjadi individu yang beriman, berbudi luhur, serta bisa membawa kebaikan bagi orang lain dan gereja. Namun, di era digital saat ini, tantangan muncul dengan adanya pengaruh media digital terhadap pendidikan iman remaja dalam keluarga Katolik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran orang tua sebagai pendidik iman bagi remaja di era digital di Stasi Santa Theresia Perumnas Simalingkar. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik snowball sampling untuk mengumpulkan data dari responden. Penelitian ini berupaya memahami tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendidik remaja dalam iman di era digital serta melihat bagaimana mereka mendidik iman dalam keluarga Katolik.

Published
Aug 29, 2024
How to Cite
SIBARANI, Yohana; KURNIADI, Benediktus Benteng. Peran Orang Tua PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK IMAN KAUM REMAJA DI ERA DIGITAL DI STASI SANTA THERESIA PERUMNAS SIMALINGKAR PAROKI SANTO FRANSISKUS ASISI PADANG BULAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 207 - 220, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4515>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4515.
Section
Artikel