PENGEMBANGAN BAHAN AJAR WORDLESS PICTURE BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 060910 MEDAN

  • Jhonas Dongoran Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Priska Wahyuni Mendrofa Universitas Katolik Santo Thomas
  • Enzel Lina Zebua Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Ada lima permasalahan dalam penelitian ini yaitu: pertama, bahan ajar yang digunakan masih monoton dan juga kurang menarik. Kedua, peserta didik memiliki kemampuan yang terbatas sehingga sulit memahami dengan baik bahan ajar yang tersedia Ketiga bahan ajar bergambar atau berbasis Wordless Picture Book tidak tersedia di sekolah. Keempat, buku yang dimiliki oleh sekolah berasal dari buku guru dan siswa edisi revisi Kemendikbud. Kelima, perolehan nilai pembelajaran pada pembelajaran IPA peserta didik masih tergolong rendah di bawah KKM. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menilai kelayakan, kepraktisan dan juga keefektifan bahan ajar Wordless Picture Book dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 060910. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) kelayakan bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilai-nilai Karakter layak diujicobakan. 2) kepraktisan bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilai-nilai Karakter dianalisis dari penilaian respon guru dari hasil wawancara dan respon peserta didik melalui angket 3) efektivitas bahan ajar diperoleh dari nilai NGain dimana terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran setelah menggunakan bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilai-nilai Karakter.

Published
Aug 31, 2024
How to Cite
DONGORAN, Jhonas; MENDROFA, Priska Wahyuni; ZEBUA, Enzel Lina. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR WORDLESS PICTURE BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 060910 MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 360 - 366, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4505>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4505.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)