MODEL PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA

  • Devi Annisa Marpaung Program Studi Kesehatatan Masyarakat, Universitas Nurul Hasanah Kutacane, Indonesia
  • Yusnika Damayanti Prodi Ilmu Keperawatan, Universitas Nurul Hasanah Kutacane, Indonesia
  • Yusnaini Yusnaini Prodi Ners, Universitas Nurul Hasanah Kutacane, Indonesia
  • Nurhasanah Sym Program Studi Kesehatatan Masyarakat, Universitas Nurul Hasanah Kutacane, Indonesia

Abstract

Buruknya kemampuan berbicara siswa disebabkan karena siswa tidak mampu mengungkapkan pendapatnya dengan baik dan kurangnya penggunaan media, oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Paired Story Telling berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data berupa instrumen keterampilan berbicara dengan teknik penilaian kinerja, subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nurul Hasanah Kutacane yang berjumlah 20 orang, kemudian data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.  teknik deskriptif. Hasil penelitian ini rata-rata skor keterampilan berbicara siswa pra siklus sebesar 63,55, median 64, modus 62, dan ketuntasan klasikal 20% keterampilan berbicara siswa berada pada kategori kurang baik, pada siklus I rata-rata sebesar 71,5, sedang 70, mode 63, dan ketuntasan klasikal 65% keterampilan berbicara siswa berada pada kategori cukup baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa yaitu mean 90, median 92, mode 92, dan klasikal ketuntasan 90% dengan kategori kemampuan berbicara sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Paired Story Telling berbantuan media gambar meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa Prodi mahasiswa D3 Kebinanan.

Published
Jun 11, 2024
How to Cite
MARPAUNG, Devi Annisa et al. MODEL PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 533-545, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4498>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.4498.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)