ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP LEMBAR KERJA LIVEWORKSHEET BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK MAHASISWA DI MATAKULIAH CONTEXTUAL WRITTEN LANGUAGE SKILLS

  • Anggraini Thesisia Saragih Universitas Negeri Medan
  • Nailah Nailah Universitas Negeri Medan
  • Rika Rika Universitas Negeri Medan
  • Farida Hanim Saragih Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Natsir Universitas Negeri Medan

Abstract

Lembar kerja merupakan bagian dari bahan ajar dosen yang diperuntukan untuk mahasiswa. Kebutuhan terhadap pengembangan lembar kerja yang interaktif dalam mengakomodir kecerdasan majemuk mahasiswa penting terutama dalam konteks pembelajaran matakuliah Contextual Written Language Skills.Potensi mahasiswa menjadi aspek krusial yang tidak dapat diabaikan. Mahasiswa memiliki potensi dan kecerdasan majemuknya akan menuntut dosen menguasai pendekatan pembelajaran yang beragam. Howard Gardner mengemukakan konsep kecerdasan majemuk dengan 9 kategori yang mencakup berbagai aspek, seperti bahasa, matematika, visual, kinestetik, musik, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial. Penelitian ini untuk menginvestigasi kecerdasan majemuk yang dimiliki mahasiswa dan menganalisis kebutuhan mahasiswa terdadap pengembangan lembar kerja Liveworksheet. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket dan lembar observasi sebagai instrumen pengambilan data. Sumber data adalah 33 mahasiswa semester dua di Tahun Ajaran 2023/2024.Hasilnya adalah sebanyak 30,03% memiliki kecerdasan musikal,  sebanyak 21,21% memiliki kecerdasan naturalistik, 15,15% memiliki kecerdasan visual-spatial dan 15,15% memiliki kecerdasan intrapersonal, sebanyak 9,09% mahasiswa memiliki kecerdasan logis-matematis, sebanyak 6,06% mahasiswa memiliki kecerdasan linguistik, dan sebanyak 3,04% mahasiswa memiliki kecerdasan interpersonal. 0% mahasiswa memiliki kecerdasan kinestetik. Untuk hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan lembar kerja Liveworksheet adalah 86,2% mahasiswa setuju dalam pengembangan lembar kerja diharapkan terdapat lebih banyak latihan – latihan menulis .

Published
Aug 31, 2024
How to Cite
SARAGIH, Anggraini Thesisia et al. ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP LEMBAR KERJA LIVEWORKSHEET BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK MAHASISWA DI MATAKULIAH CONTEXTUAL WRITTEN LANGUAGE SKILLS. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 354 - 359, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4493>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4493.
Section
Artikel