PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD

  • Ezra Veronika Rajagukguk Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia
  • Emelda Thesalonika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia
  • Minar Trisnawati L. Tobing Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh  Ice Breaking  Terhadap Minat  Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sd Negeri 094155 Rambung Merah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan dapat disimpulkan oleh peneliti terhadap siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah dengan membagikan angket terdapat pengaruh minat belajar. Hal ini dapat diukur dari skor minat belajar dengan  kriteria yang semula kriteria skor minat belajar sedang 12 siswa dan rendah 16 siswa dan setelah diberikan perlakuan ice breaking meningkat menjadi kriteria minat belajar  sedang 13 siswa dan kriteria tinggi 15 siswa. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung sebesar 13.407 yang dibandingkan dengan t table sebesar 2.052. Berdasarkan data t hitung > t table (13.407 > 2.052) dapat dinyatakan bahwa skor angket minat belajar siswa mengalami peningkatan minat belajar yang signifikan dengan H1 terdapat pengaruh yang signifikan. Kriteria pengujiannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode ice breaking terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah

Published
Apr 30, 2024
How to Cite
RAJAGUKGUK, Ezra Veronika; THESALONIKA, Emelda; L. TOBING, Minar Trisnawati. PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1190-1201, apr. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4488>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4488.
Section
Artikel