PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL ORAL LANGUAGE SKILLS SEBAGAI IMPLEMENTASI REVOLUSI INDUSTRI 5.0

  • Puan Suri Mira Annisa Universitas Negeri Medan
  • Rafika Dewi Nasution Universitas Negeri Medan
  • Ade Aini Nuran Universitas Negeri Medan
  • Nazly Yusuf Universitas Negeri Medan

Abstract

Revolusi Industri 5.0 adalah evolusi dari Revolusi Industri 4.0, yang semakin berkembang menuntut orang untuk dapat menggunakan semua teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk mengajar Contextual Oral Language Skills. Metode penelitian dan pengembangan (RnD) digunakan untuk membuat produk baru, memperbaiki produk, dan menguji efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi AI. Tahapan RnD mencakup pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan produk akhir. Sebagai subjek penelitian, 23 siswa menerima angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih menghadapi kesulitan saat menggunakan media suara untuk berbicara Bahasa Inggris. Hal ini terutama disebabkan oleh kurangnya kegiatan berlatih berbicara yang diberikan selama proses belajar mengajar. Media yang lebih interaktif dan menarik juga diperlukan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Akibatnya, penulis mengembangkan media video animasi AI berdasarkan proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi AI yang telah divalidasi oleh ahli dan menerima nilai rata-rata akhir sebesar 95% sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang belajar berbicara bahasa Inggris.

Published
Aug 28, 2024
How to Cite
ANNISA, Puan Suri Mira et al. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL ORAL LANGUAGE SKILLS SEBAGAI IMPLEMENTASI REVOLUSI INDUSTRI 5.0. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 176 - 187, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4475>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4475.
Section
Artikel