PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA N 14 MEDAN

  • Akdel Parhusip Universitas Negeri Medan
  • Saut Purba Universitas Negeri Medan
  • Jonias Pasaribu STT Amsal Medan

Abstract

Guru Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 14 Medan memerlukan inovasi dalam metode pengajaran untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva efektif dalam meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan minat belajar siswa di SMA Negeri 14 Medan. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Canva berhasil meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 14 Medan. Guru melaporkan pengalaman positif dalam merancang dan menggunakan konten pembelajaran dengan Canva, sementara siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran agama Kristen dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Untuk hasil tersebut dapat kita ketahui dengan presentase peningkatan hasil belajar dimana diperoleh nilai rata-rata 28,52  pada Prasiklus, nilai rata-rata 52,61 pada siklus I, dan nilai rata-rata 87,24 pada siklus II.

Published
Jun 25, 2024
How to Cite
PARHUSIP, Akdel; PURBA, Saut; PASARIBU, Jonias. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA N 14 MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 208 - 214, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4463>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4463.
Section
Artikel