PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Nazlah Rachma Panggabean Universitas Darma Agung
  • Johari Sitompul Universitas Darma Agung
  • Friliana Sitompul Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak terhadap praktik manajemen laba di perusahaan sektor kesehatan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2020 hingga 2022. Dari populasi 30 perusahaan, sampel sebanyak 21 perusahaan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan ialah data kuantitatif yang diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis, khususnya melalui regresi linear berganda dengan model DA = 0,088 + 0,708 DTE + 0,092 TRR (dengan pengujian t dan F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap praktik manajemen laba. Secara terpisah, beban pajak tangguhan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sementara perencanaan pajak memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 17,5% variasi dalam praktik manajemen laba dapat dijelaskan oleh variabel independen yang dipertimbangkan, sedangkan faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian menjelaskan sisa variansinya, yaitu sebesar 82,5%.

Published
Jun 27, 2024
How to Cite
PANGGABEAN, Nazlah Rachma; SITOMPUL, Johari; SITOMPUL, Friliana. PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 339 - 344, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4461>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4461.
Section
Artikel