PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 16TAHUN 2022 TENTANG PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DALAM RANGKA ZERO WASTE DI KOTA SURABAYA

  • Aditya Mahendra Universitas Pembangunan Nasional "Veteran"
  • Adhitya Widya Kartika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”

Abstract

Sampah merupakan masalah yang kompleks yang dihadapi oleh negara, salah satunya kota besar yang ada di Indonesia. Surabaya merupakan kota yang memiliki kepadatan penduduk berjumlah 3,15 Juta jiwa pada Tahun 2019 dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2.07 persen yang dapat mempengaruhi laju peningkatan timbunan sampah fan penyumbang terbesar kedua di Indonesia, untuk menangani hal tersebut Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Surabaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan peraturan tersebut dalam rangka Zero Waste di Kota Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian yuridis-empiris yang merupakan penelitian efektivitas hukum yang ada di masyarakat (Pasar Rakyat). Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder yang di peroleh melalui studi kepustakaan, analisis dari wawancara, penyebaran kuisioner secara daring ke masyarakat di Pasar Rakyat, literatur dan peraturan terkait. Penelitian ini di dasarkan pada penelitian “Efektivitas Pembayaran Suroboyo Bus Menggunakan Sampah Botol Plastik” yang berkesimpulan bahwa hal tersebut belum efektif dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya inefisiensi peraturan yang diterapkan di masyarakat dan masih marak di pergunakan di Pasar Rakyat, hal tersebut dikarenakan tidak adanya solusi pemerintah yang solutif, faktor masyarakat yang masih ketergantungan, serta penegakan hukum yang tidak tegas.

Published
Aug 28, 2024
How to Cite
MAHENDRA, Aditya; KARTIKA, Adhitya Widya. PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 16TAHUN 2022 TENTANG PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DALAM RANGKA ZERO WASTE DI KOTA SURABAYA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 104 - 118, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4425>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4425.
Section
Artikel