KAJIAN BANGUNAN TJONG A FIE BERDASARKAN KAIDAH ARSITEKTUR HEMAT ENERGI DENGAN TOLAK UKUR SUHU, KELEMBABAN UDARA, & PENCAHAYAAN

  • Alvelly Alvelly Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede
  • Kenny Gunawan Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede
  • Paterson Hasiholan Pardomuan Sibarani Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bangunan Tjong A Fie berdasarkan kaidah arsitektur hemat energi dengan tolak ukur suhu, kelembaban udara, & pencahayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bangunan Tjong A Fie tidak termasuk dalam bangunan hemat energi jika diukur dari segi suhu. Akan tetapi, jika diukur dari segi kelembaban dan pencahayaan, maka bangunan Tjong A Fie termasuk dalam bangunan hemat energi karena terdapat banyak bukaan pada bangunannya sehingga hanya dengan menggunakan cahaya matahari, bangunan Tjong A Fie tidak membutuhkan cahaya buatan yang memerlukan energi listrik untuk menghidupkannya.

Published
Jun 24, 2024
How to Cite
ALVELLY, Alvelly; GUNAWAN, Kenny; SIBARANI, Paterson Hasiholan Pardomuan. KAJIAN BANGUNAN TJONG A FIE BERDASARKAN KAIDAH ARSITEKTUR HEMAT ENERGI DENGAN TOLAK UKUR SUHU, KELEMBABAN UDARA, & PENCAHAYAAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 159 - 166, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4422>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4422.
Section
Artikel