PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TEMPLATE DESAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII

  • Yenny Marito Marito Panjaitan Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Harlen Simanjuntak Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Canva Template Desain Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 60 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan media canva template desain, diperoleh skor terendah 44 dan skor tertinggi 76 dengan nilai rata-rata pretest yaitu 51,87 dan diperoleh skor terendah 64 dan skor tertinggi 96 dengan nilai rata-rata pada posttest yaitu 79,06. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan ⍺ = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 8,60 >2.41 oleh karena itu, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Media Canva Template Desain Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024

Published
Jun 11, 2024
How to Cite
PANJAITAN, Yenny Marito Marito; SIMANJUNTAK, Harlen; SIAGIAN, Beslina Afriani. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TEMPLATE DESAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 564-576, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4387>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4387.
Section
Artikel