PENERAPAN METODE PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATERI PROCEDURE TEXT

  • Margarett Henni Pratiwi Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian mengenai Penerapan Metode Project-based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Procedure Text Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kenyataan masih banyak guru yang gaya mengajarnya monoton sehingga menimbulkan peserta didik malas, bosan dan mengantuk saat proses pembelajaran disebabkan guru belum maksimal dan tidak sesuai antara metode dan media yang digunakan dengan materi. Oleh sebab itu tingkat penguasaan materi rendah, prestasi peserta didik menurun. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan profesional guru dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus. Pada pra siklus penulis memberikan materi dengan metode work individually hasilnya hanya 20,58% termasuk dalam kategori tuntas. Pada siklus I, peserta didik menunjukkan hasil 38,24% termasuk dalam kategori tuntas. Begitu juga pada siklus II hasil yang diperoleh 94,11% termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil observasi kemampuan numerasi (numeracy) peserta didik meningkat dari pra siklus ke siklus I = 17,66% sedangkan pada siklus I ke siklus II = 55,87%. Dari hasil pra siklus sampai dengan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Project-based Learning dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada pelajaran Bahasa Inggris.

Published
May 3, 2024
How to Cite
PRATIWI, Margarett Henni. PENERAPAN METODE PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATERI PROCEDURE TEXT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1088 - 1093, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4338>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4338.
Section
Artikel