PENERAPAN METODE PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATERI PROCEDURE TEXT
Abstract
Penelitian mengenai Penerapan Metode Project-based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Procedure Text Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kenyataan masih banyak guru yang gaya mengajarnya monoton sehingga menimbulkan peserta didik malas, bosan dan mengantuk saat proses pembelajaran disebabkan guru belum maksimal dan tidak sesuai antara metode dan media yang digunakan dengan materi. Oleh sebab itu tingkat penguasaan materi rendah, prestasi peserta didik menurun. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan profesional guru dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus. Pada pra siklus penulis memberikan materi dengan metode work individually hasilnya hanya 20,58% termasuk dalam kategori tuntas. Pada siklus I, peserta didik menunjukkan hasil 38,24% termasuk dalam kategori tuntas. Begitu juga pada siklus II hasil yang diperoleh 94,11% termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil observasi kemampuan numerasi (numeracy) peserta didik meningkat dari pra siklus ke siklus I = 17,66% sedangkan pada siklus I ke siklus II = 55,87%. Dari hasil pra siklus sampai dengan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Project-based Learning dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada pelajaran Bahasa Inggris.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).