PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KARTU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Dwi Ameilia Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Sigid Edy Purwanto Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Irdalisa Irdalisa Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Abstract

Keterampilan berhitung pembagian adalah kemampuan peserta didik memahami bahasa matematis dan menggunakannya dalam berpikir dan menyelesaikan masalah sehari-hari mengenai pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media belajar kartu hitung dan efektifitas penggunaan media kartu hitung dalam meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik kelas IV. Pengembangan media kartu hitung ini dilakukan dengan metode ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), and Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan pemberian soal sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media kartu hitung. Hasil pengembangan media kartu hitung diuji validitasnya oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Ahli materi mendapatkan skor 3,9 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Validasi ahli media mendapatkan skor 3,8 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Dan validasi ahli praktisi mendapatkan skor 3,9 dengan kategori kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t test pada hasil penilaian pretest dan post-test peserta didik. Hasil dari uji tersebut menunjukkan signifikansi (2 tailed) 0.000. Nilai signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pretest dan post-test terjadi perubahan yang signifikan atau dapat dikatakan media kartu hitung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik.

Published
Jun 26, 2024
How to Cite
AMEILIA, Dwi; PURWANTO, Sigid Edy; IRDALISA, Irdalisa. PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KARTU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 550-563, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4314>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4314.
Section
Artikel