PENGARUH SISTEM PENGALIRAN AIR DENGAN ELEVATED RESERVOIR DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI ENERGI PADA ZONA BANJARMASIN UTARA

  • Galvani Amideo Monangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Eddy Setiadi Soedjono Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Novi Dwi Raharjo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Abstract

Salah satu permasalahan booster yang dialami oleh BUMD air minum adalah kurangnya efisiensi operasional yang berdampak pada kurangnya pembiayaan perusahaan air minum dalam pengembangan sistem penyediaan air minum. Kurangnya efisiensi operasional BUMD air minum dapat disebabkan oleh tingginya beban energi karena penggunaan energi yang tidak efisien. Topografi wilayah Kota Banjarmasin merupakan dataran sehingga sistem pengaliran menggunakan sistem perpompaan. Pompa booster Banua Anyar merupakan pompa distribusi yang mengalirkan air ke sebagian zona Banjarmasin Utara. Booster Banua anyar memiliki 3 buah pompa dengan efisiensi ketiganya dibawah 60 persen. Dibandingkan juga dengan 2 pompa booster lainnya yaitu booster S.Parman dan Gerilya, nilai SEC booster Banua Anyar adalah yang tertinggi dengan nilai sebesar 0,13. Biaya listrik pompa booster Banua Anyar pada tahun 2022 mencapai Rp. 1.521.737.167. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan efisiensi energi booster Banua Anyar.Perlunya upaya peningkatan efisiensi energi dengan melakukan pengukuran pemakaian energi, efisiensi kinerja pompa, dan analisis kondisi eksisting berupa simulasi hidrolis jaringan dengan menggunakan EPANET 2.2. Hasil tersebut akan digunakan sebagai dasar penentuan strategi peningkatan efisiensi energi jaringan distribusi dari pompa booster Banua Anyar. Salah satu strategi tersebut dengan pembangunan elevated reservoir. Upaya peningkatan efisiensi energi dikaji secara teknis dan finansial untuk mengetahui kelayakannya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya upaya peningkatan efisiensi energi berupa  pembangunan elevated reservoir  sebesar Rp. 194.983.560. Analisis aspek teknis layak karena memenuhi syarat tekanan minimum sebesar 7,5 meter. Analisis aspek finansial menunjukkan bahwa pembangunan elevated reservoir layak secara finansial untuk dilaksanakan sehingga menjadi rekomendasi untuk dapat diterapkan di Perusahaan Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin.

Published
May 2, 2024
How to Cite
MONANGIN, Galvani Amideo; SOEDJONO, Eddy Setiadi; RAHARJO, Novi Dwi. PENGARUH SISTEM PENGALIRAN AIR DENGAN ELEVATED RESERVOIR DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI ENERGI PADA ZONA BANJARMASIN UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 935 - 951, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4277>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4277.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)