PENGARUH LITERASI BUDAYA, LITERASI DIGITAL DAN KESADARAN BERAGAMA TERHADAP MODERASI BERAGAMA SISWA

  • Burhanudin Jauhari Bachelor of Islamic Religious Education, Islam Mamba’ul ‘Ulum Institute, Indonesia
  • M Yunan Hidayat Bachelor of Islamic Religious Education, Islam Mamba’ul ‘Ulum Institute, Indonesia
  • Sukari Sukari Bachelor of Islamic Religious Education, Islam Mamba’ul ‘Ulum Institute, Indonesia

Abstract

Proses transformasi budaya budaya lokal semakin berkembang dengan memanfaatkan media digital. Meskipun dalam beberapa penelitian dilaporkan bahwa kemajuan teknologi merupakan bagian dari globalisasi membawa masuknya arus budaya global ke dalam negara yang sibuk sehingga akan mengikis budaya lokal. Internet memberikan dampak terhadap afiliasi keagamaan dan keyakinan seseorang meskipun perilaku keagamaannya tidak memberikan dampak yang signifikan. Menyikapi situasi seperti ini maka rumusan moderasi beragama menjadi kuncinya, posisi sentral antara keterbukaan terhadap kemajuan teknologi yang memunculkan pemikiran plural dalam lingkup literasi budaya mengenai kebenaran ajaran agama dan keyakinan konservatif yang mengekang pemikiran keagamaan terlepas dari teknologi. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 26 untuk mengetahui pengaruh literasi budaya, literasi digital, dan kesadaran beragama terhadap moderasi beragama pada siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel moderasi agama siswa dapat dijelaskan oleh variasi variabel literasi budaya, literasi digital, dan kesadaran beragama sebesar 46,7%, sedangkan 53,3% dijelaskan oleh faktor lain. Dari ketiga variabel yang diteliti, kesadaran beragama mempunyai pengaruh paling besar terhadap moderasi beragama siswa.

Published
Jun 11, 2024
How to Cite
JAUHARI, Burhanudin; HIDAYAT, M Yunan; SUKARI, Sukari. PENGARUH LITERASI BUDAYA, LITERASI DIGITAL DAN KESADARAN BERAGAMA TERHADAP MODERASI BERAGAMA SISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 577-585, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4267>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4267.
Section
Artikel