THE EFFECT OF BRAINSTORMING TECHNIQUE IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADE STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN

  • Rahma Yunita Universitas Asahan
  • Susi Masniari Nasution Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan siswa SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran dalam menulis Teks Descriptif.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Teknik Brainstorming dan metode konvensional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 35 siswa per kelasnya. Jumlah populasi seluruhnya adalah 179 siswa. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan Teknik Brainstorming dan kelas X-MIA 2 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan Metode Konvesional. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Jenis tesnya adalah tes esai. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Dari analisis ini rata-rata kelompok eksperimen 79,1 dan rata-rata kelompok kontrol 52. Peneliti menemukan bahwa penggunaan Teknik Brainstorming mempunyai pengaruh yang cukup tinggi terhadap kemampuan menulis. Ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa t-hitung (5,5) lebih besar dari t tabel = 1,66 untuk α = 0,05 . Jadi Ha menerima, dengan kata lain penggunaan Teknik Brainstorming lebih efektif dan berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.

Published
May 1, 2024
How to Cite
YUNITA, Rahma; NASUTION, Susi Masniari. THE EFFECT OF BRAINSTORMING TECHNIQUE IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADE STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 686 - 691, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4228>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4228.
Section
Artikel