PENGARUH PENDEKATAN QUESTION FORMULATION TECHNIQUE (QFT) DAN KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak pendekatan pengajaran dan tingkat literasi terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada peserta didik. Sejumlah 44 peserta didik dibagi ke dalam kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan Question Formulation Technique (QFT) dan kelompok kontrol dengan pendekatan ekspositori. Melalui analisis varian (ANOVA), penelitian ini mengevaluasi tiga hipotesis utama. Hasil untuk Hipotesis 1 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam peningkatan HOTS (Sig. = .068). Hipotesis 2 mengungkapkan bahwa peserta didik dengan literasi tinggi memiliki skor HOTS yang signifikan lebih tinggi daripada mereka yang memiliki literasi rendah (Sig. = .002). Sementara itu, Hipotesis 3 tidak menemukan bukti interaksi yang signifikan antara metode pengajaran dan tingkat literasi (Sig. = .209). Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi memegang peranan penting dalam pengembangan HOTS, sedangkan pilihan pendekatan pengajaran tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menyarankan pendidikan literasi yang kuat sebagai kunci untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, tanpa ketergantungan yang signifikan pada pendekatan pengajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh Question Formulation Technique (QFT) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V, 2) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V, 3) tidak terdapat interaksi pengaruh antara pendekatan Question Formulation Technique (QFT) dan literasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).